PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN
A. Pengertian
Marketing (Pemasaran).
Salah satu kegiatan dalam perekonomian yang dapat
membantu dalam menciptakan
nilai ekonomi ialah kegiatan pemasaran. Di dalam pemasaran terkandung pengertian yang meliputi segala usaha untuk
mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap barang dan jasa.
Dengan memberikan kepuasan kepada kedua belah pihak bagi perusahaan agar dapat memenuhi tujuan
ini, yaitu memenuhi kebutuhan konsumen, maka perusahaan itu harus memikirkan
untuk memproduksi sesuai dengan keinginan kebutuhan konsumen, apabila konsumen
merasa puas terhadap pemilikan suatu barang suatu produk
Pemasaran ini dapat dilakukan oleh perusahaan itu sendiri
sebagai produsen atau dapat pula dilakukan oleh pihak lain sebagai agen
pembelian konsumen atau agen penjualan bagi produsen. Tanpa adanya pemasaran
orang akan kesulitan untuk mencapai tujuan konsumsinya yang memuaskan.
Mengingat betapa pentingnya pemasaran bagi masyarakat,
maka para ahli ekonomi berusaha mempelajari dan mengemukakan pendapatnya
mengenai pemasaran itu dari berbagai segi yang berbeda-beda. Dilihat dari segi
lembaganya, fungsi barangnya, manajemennya, dan ada pula yang menitikberatkan
kepada semua segi tersebut sebagai suatu sistem.
Definisi
tersebut menurut Philip Kotler:
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan
keinginan kebutuhan.
Menurut William J. Stanton:
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis
yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan
dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan
kebutuhan baik pada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
Menurut The American Marketing Association:
Pemasaran adalah suatu kegiatan yang berkeinginan untuk
berusaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Jadi pemasaran merupakan suatu interaksi yang berusaha
menciptakan pertukaran, tetapi pemasaran itu bukanlah merupakan suatu cara
sederhana dan bukan sekedar untuk menghasilkan penjualan saja, karena
pertukaran merupakan suatu tahap dalam proses pemasaran.
B. Pengertian Marketing Mix.
Adalah
kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan ini dari sistem pemasaran perusahaan yaitu:
produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem pemasaran. Keempat
unsur yang terjadi dalam kombinasi tersebut saling berhubungan. Masing-masing
variabel saling mempengaruhi antara variabel satu dengan lainnya.
C. Pengertian promotional mix.
Kombinasi
strategi yang baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat
promosi lain dan semua di rencanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
A.
Media
Promosi
Dalam
sebuah bisnis Promosi merupakan hal yang sangat penting, Promosi membuat suatu
produk menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Promosi juga menjadi faktor
yang menarik minat konsumen untuk
membeli atau menggunakan produk yang di tawarkan.
Jenis-jenis media
promosi yang bisa dilakukan.
1. Media Online.
Salah satu media promosi yang sedang ramai dilakukan oleh para pemasar produk, Media online sangat efektif dan efisien dalam memasarkan suatu produk atau jasa. Pemasaran online memiliki beberapa keunggulan seperti biaya yang lebih murah dan tidak terikat waktu dan tempat.
Salah satu media promosi yang sedang ramai dilakukan oleh para pemasar produk, Media online sangat efektif dan efisien dalam memasarkan suatu produk atau jasa. Pemasaran online memiliki beberapa keunggulan seperti biaya yang lebih murah dan tidak terikat waktu dan tempat.
2. Spanduk.
spanduk Termasuk salah satu media promosi outdoor yang cukup terjangkau. Media ini terbuat dari kain atau bahan bahan yang tahan dengan air, spanduk bisa dibuat panjang dan lebar tertentu sesuai dengan kebutuhan. Spanduk pada umumnya di pasang di tempat-tempat yang strategis agar konsumen bisa melihat dan mengenal suatu produk yang di tawarkan.
spanduk Termasuk salah satu media promosi outdoor yang cukup terjangkau. Media ini terbuat dari kain atau bahan bahan yang tahan dengan air, spanduk bisa dibuat panjang dan lebar tertentu sesuai dengan kebutuhan. Spanduk pada umumnya di pasang di tempat-tempat yang strategis agar konsumen bisa melihat dan mengenal suatu produk yang di tawarkan.
3. Media Elektronik.
Media elektronik menjadi cara ampuh untuk memasarkan produk misalnya dengan menggunakan media televisi dan radio, keuntungan media ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan memiliki control yang lebih mudah sehingga nanti konsumen akan lebih cepat mengenal produk yang akan di tawarkan.
Media elektronik menjadi cara ampuh untuk memasarkan produk misalnya dengan menggunakan media televisi dan radio, keuntungan media ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan memiliki control yang lebih mudah sehingga nanti konsumen akan lebih cepat mengenal produk yang akan di tawarkan.
.
4.
Personal selling
Personal selling merupakan kegiatan promosi yang berbeda dengan media-media yang lain karena kegiatan promosinya dilakukan oleh orang atau individu.
Dalam operasinya personal selling lebih fleksibel dibandingkan dengan alat alat lain sebab dengan penjualan dapat mengetahui secara langsung mengenai motif dan perilaku serta reaksi konsumen sehingga mereka dapat langsung melakukan penyesuaian masukan yang penting bagi peningkatan kualitas suatu barang.
Personal selling merupakan kegiatan promosi yang berbeda dengan media-media yang lain karena kegiatan promosinya dilakukan oleh orang atau individu.
Dalam operasinya personal selling lebih fleksibel dibandingkan dengan alat alat lain sebab dengan penjualan dapat mengetahui secara langsung mengenai motif dan perilaku serta reaksi konsumen sehingga mereka dapat langsung melakukan penyesuaian masukan yang penting bagi peningkatan kualitas suatu barang.
Kegiatan
promosi yang dilakukan secara efektif dan efisien bisa mendorong agar konsumen
lebih mengenal dan mengerti produk yang di tawarkan maka konsumen akan membeli produk yang mereka
inginkan, semakin banyak produk yang dibeli oleh konsumen maka suatu perusahaan
akan mendapatkan keuntungan yang semakin besar.
B.
Hambatan
proses Promosi.
Hambatan-hambatan dalam
proses promosi:
1. kurang melibatkan emosi pelanggan
2. tidak pernah mengukur dan menguji
3. kurangnya pemahaman mengenai cara promosi yang efektif
4. menginginkan semua serba instan
5. dana yang digunakan oleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan promosi.
1. kurang melibatkan emosi pelanggan
2. tidak pernah mengukur dan menguji
3. kurangnya pemahaman mengenai cara promosi yang efektif
4. menginginkan semua serba instan
5. dana yang digunakan oleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan promosi.
C. Tujuan promosi.
Dalam praktek promosi dapat
dilakukan dengan mendasarkan pada tujuan-tujuan berikut ini:
1. mengidentifikasikan
tingkah laku dan opini serta pendapat masyarakat terhadap produk yang
dihasilkan oleh perusahaan.
2. memberitahukan
kepada pasar yang dituju tentang penawaran perusahaan.
3. membujuk
konsumen, ini dapat membantu konsumen agar konsumen tertarik pada barang yang
di tawarkan.
4. Mengingatkan,
ini dilakukan terutama untuk mempertahankan merk produk dihati masyarakat dan
perlu dilakukan selama tahap kedewasaan didalam siklus kehidupan produk ini
berarti perusahaan mempertahankan pembeli yang ada.
A. Kesimpulan.
Dalam melakukan promosi sebagai
usaha untuk mempengaruhi konsumen, sasaran yang harus dicapai adalah memberikan
informasi mengenai produk yang akan ditawarkan secara jelas dan terperinci,
selalu memperlihatkan keunggulan produk, mempertahankan dan memperkuat kwalitas
suatu barang yang akan di tawarkan.
Berdasarkan
data yang di peroleh maka kenaikan biaya promosi mempunyai pengaruh yang sangat
kuat terhadap volume penjualan, berarti
pula bahwa kenaikan biaya promosi diikuti oleh kenaikan volume penjualan.
B. Saran-Saran.
Dari uraian dan pembahasan di atas, saran-saran yang mungkin dapat berguna dan bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan yaitu:
Dari uraian dan pembahasan di atas, saran-saran yang mungkin dapat berguna dan bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan yaitu:
Selalu mempertahankan
pelangggan dan perusahaan selalu berupaya meningkatkan kwalitas suatu produk
yang dihasilkan. Berdasarkan analisis bahwa biaya promosi sangat berpengaruh
terhadap peningkatan volume penjualan, maka perlu kiranya suatu perusahaan
mempertahankan perluasan promosinya, terutama dalam memperlihatkan keunggulan
produknya.
Komentar
Posting Komentar