PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN




A.    Pengertian Marketing (Pemasaran).
Salah satu kegiatan dalam perekonomian yang dapat membantu dalam menciptakan nilai ekonomi ialah kegiatan pemasaran. Di dalam pemasaran terkandung  pengertian yang meliputi segala usaha untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap barang dan jasa.
Dengan memberikan kepuasan kepada kedua belah pihak  bagi perusahaan agar dapat memenuhi tujuan ini, yaitu memenuhi kebutuhan konsumen, maka perusahaan itu harus memikirkan untuk memproduksi sesuai dengan keinginan kebutuhan konsumen, apabila konsumen merasa puas terhadap pemilikan suatu barang suatu produk
Pemasaran ini dapat dilakukan oleh perusahaan itu sendiri sebagai produsen atau dapat pula dilakukan oleh pihak lain sebagai agen pembelian konsumen atau agen penjualan bagi produsen. Tanpa adanya pemasaran orang akan kesulitan untuk mencapai tujuan konsumsinya yang memuaskan.
Mengingat betapa pentingnya pemasaran bagi masyarakat, maka para ahli ekonomi berusaha mempelajari dan mengemukakan pendapatnya mengenai pemasaran itu dari berbagai segi yang berbeda-beda. Dilihat dari segi lembaganya, fungsi barangnya, manajemennya, dan ada pula yang menitikberatkan kepada semua segi tersebut sebagai suatu sistem.
Definisi tersebut menurut Philip Kotler:
      Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan keinginan kebutuhan.

Menurut William J. Stanton:
      Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik pada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
Menurut The American Marketing Association:
Pemasaran adalah suatu kegiatan yang berkeinginan untuk berusaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Jadi pemasaran merupakan suatu interaksi yang berusaha menciptakan pertukaran, tetapi pemasaran itu bukanlah merupakan suatu cara sederhana dan bukan sekedar untuk menghasilkan penjualan saja, karena pertukaran merupakan suatu tahap dalam proses pemasaran.
B.  Pengertian Marketing Mix.
Adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan ini dari sistem pemasaran perusahaan yaitu: produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem pemasaran. Keempat unsur yang terjadi dalam kombinasi tersebut saling berhubungan. Masing-masing variabel saling mempengaruhi antara variabel satu dengan lainnya.
C.  Pengertian promotional mix.
Kombinasi strategi yang baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat promosi lain dan semua di rencanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.


A.      Media Promosi
Dalam sebuah bisnis Promosi merupakan hal yang sangat penting, Promosi membuat suatu produk menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Promosi juga menjadi faktor yang  menarik minat konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang di tawarkan.
Jenis-jenis media promosi yang bisa dilakukan.
 1. Media Online.
     Salah satu media promosi yang sedang ramai dilakukan oleh para pemasar produk, Media online sangat efektif dan efisien dalam memasarkan suatu produk atau jasa. Pemasaran online memiliki beberapa keunggulan seperti biaya yang lebih murah dan tidak terikat waktu dan tempat.
 2. Spanduk.
     spanduk Termasuk salah satu media promosi  outdoor yang cukup terjangkau. Media ini terbuat dari kain atau bahan bahan yang tahan dengan air, spanduk bisa dibuat panjang dan lebar tertentu sesuai dengan kebutuhan. Spanduk pada umumnya di pasang di tempat-tempat yang strategis agar konsumen bisa melihat dan mengenal suatu produk yang di tawarkan.
  3. Media Elektronik.
     Media elektronik menjadi cara ampuh untuk memasarkan produk misalnya dengan menggunakan media televisi dan radio, keuntungan  media ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan memiliki control yang lebih mudah sehingga nanti konsumen akan lebih cepat mengenal produk yang akan di tawarkan.

.                                                                                                                  
4. Personal selling
     Personal selling merupakan kegiatan promosi yang berbeda dengan  media-media yang lain karena kegiatan promosinya dilakukan oleh orang atau individu.
       Dalam operasinya personal selling lebih fleksibel dibandingkan dengan alat alat lain sebab dengan penjualan dapat mengetahui  secara langsung  mengenai motif dan perilaku serta reaksi konsumen sehingga mereka dapat langsung melakukan penyesuaian masukan  yang penting bagi peningkatan kualitas suatu barang.
Kegiatan promosi yang dilakukan secara efektif dan efisien bisa mendorong agar konsumen lebih mengenal dan mengerti produk yang di tawarkan  maka konsumen akan membeli produk yang mereka inginkan, semakin banyak produk yang dibeli oleh konsumen maka suatu perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang semakin besar.
B.       Hambatan proses Promosi.
Hambatan-hambatan dalam proses promosi:
1. kurang melibatkan emosi pelanggan
2. tidak pernah mengukur dan menguji
3. kurangnya pemahaman mengenai cara promosi yang efektif
4. menginginkan semua serba instan
5. dana yang digunakan oleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan promosi.

C. Tujuan promosi.

            Dalam praktek promosi dapat dilakukan dengan mendasarkan pada tujuan-tujuan berikut ini:
1.      mengidentifikasikan tingkah laku dan opini serta pendapat masyarakat terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
2.      memberitahukan kepada pasar yang dituju tentang penawaran perusahaan.
3.      membujuk konsumen, ini dapat membantu konsumen agar konsumen tertarik pada barang yang di tawarkan.
4.      Mengingatkan, ini dilakukan terutama untuk mempertahankan merk produk dihati masyarakat dan perlu dilakukan selama tahap kedewasaan didalam siklus kehidupan produk ini berarti perusahaan mempertahankan pembeli yang ada.

A.  Kesimpulan.
            Dalam melakukan promosi sebagai usaha untuk mempengaruhi konsumen, sasaran yang harus dicapai adalah memberikan informasi mengenai produk yang akan ditawarkan secara jelas dan terperinci, selalu memperlihatkan keunggulan produk, mempertahankan dan memperkuat kwalitas suatu barang yang akan di tawarkan.
Berdasarkan data yang di peroleh maka kenaikan biaya promosi mempunyai pengaruh yang sangat kuat  terhadap volume penjualan, berarti pula bahwa kenaikan biaya promosi diikuti oleh kenaikan volume penjualan.
B.  Saran-Saran.
          Dari uraian dan pembahasan di atas, saran-saran yang mungkin dapat berguna dan bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan yaitu:
           Selalu mempertahankan pelangggan dan perusahaan selalu berupaya meningkatkan kwalitas suatu produk yang dihasilkan. Berdasarkan analisis bahwa biaya promosi sangat berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan, maka perlu kiranya suatu perusahaan mempertahankan perluasan promosinya, terutama dalam memperlihatkan keunggulan produknya.


Komentar

Postingan Populer